Satu Jam Padamkan Listrik

Satu Jam Padamkan Listrik Kebutuhan daya listrik di Sulsel terus meningkat. Bahkan dibandingkan tahun sebelumnya, kebutuhan listrik di Sulsel meningkat tajam. Saat ini, beban energi listrik sudah mencapai 640 megawatt. Makanya, saat ini, warga Sulsel mesti hemat listrik.

Sebagai upaya awal untuk menggaungkan hemat energi di Sulsel, 31 Maret mendatang akan dilaksanakan Earth Hour di Makassar. Earth Hour ini sebuah kampanye mematikan lampu secara serentak selama satu jam di berbagai tempat. Selain di Makassar, kegiatan sama juga digelar di sejumlah kota lain di Indonesia.

“Ini momen menjadikan warga Sulsel hemat energi,” kata Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Sulsel, Thamzil Tajuddin saat menerima panitia EH Makassar di ruang Mediasi Center, Selasa, 28 Februari.

Menurut Thamzil, penggunaan listrik di Sulsel meningkat pesat. Ini karena pertumbuhan ekonomi dan kemajuan daerah yang sangat pesat. Makanya kata dia, memang harus ada solusi penghematan.

“Misalnya di hotel, itu masih sangat boros. Handuk hanya digunakan sekali padahal bisa sampai dua tiga kali sebelum dicuci. Itu semua kan menggunakan listrik,” katanya.

Thamzil berharap Earth Hour yang sudah empat kali diadakan di Indonesia dan saat ini menjadi tahun kedua di Makassar mudah-mudahan menjadi kegiatan akbar.

Makanya pemprov kata dia akan membantu panitia EH dengan membuat surat edaran sampai kabupaten dan kota. Untuk penghematan listrik dan upaya pelestarian lingkungan, Syahrul kata Thamzil memang sangat perhatian. Salah satunya lewat program Go Green.

Koordinator EH Makassar, Abadi Gunawan menambahkan, EH pada 2011 lalu diprakarsai komunitas di Makassar. Saat itu, kegiatan hanya sebatas bergerak di komunitas. Meski demikian, gaungnya terdengar sampai di Jawa. Makanya tahun ini Makassar ditetapkan sebagai salah satu tempat pelaksanaan EH.

Ada tiga tempat yang akan dijadikan ikon untuk EH di Makassar yakni sepanjang Pantai Losari atau Jl Penghibur, Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, serta rujab gubernur. Untuk bandara, karena tidak mungkin lampu bandara, kita pilih sekitar patung Sultan Hasanuddin atau di pintu masuk jalan menuju bandara,” kata Abadi.

Tujuan utama kegiatan ini menurut Abadi yakni bagaimana melanjutkan target efisiensi energi perubahan gaya hidup di kota besar di dunia dengan konsumsi listrik tinggi. Juga mendorong penggunaan potensi sumber energi baru terbarukan yang lebih bersih dan berdampak minimal pada lingkungan. Selain itu juga untuk mengangkat dan memancing semangat kepemimpinan pemerintah dan korporasi untuk secara signifikan melakukan efisiensi energi dan penggunaan sumber energi baru terbarukan sebagai bagian dari kebijakan mereka.

“Ini salah satu kampanye global WWF, organisasi konservasi terbesar di dunia yang mengajak individu, komunitas, praktisi bisnis dan pemerintah di seluruh dunia untuk menyatakan kepedulian terhadap perubahan iklim dengan cara mematikan lampu dan peralatan elektronik yang sedang tidak dipakai selama 1 jam mulai pukul 20.30 sampai pukul 21.30 pada setiap hari Sabtu di minggu ketiga Maret,” katanya.

Untuk kegiatan ini, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo diharapkan menjadi duta EH Sulsel. Syahrul akan memberikan pesan dan imbauan kepada publik, pemerintah dan koorporasi di Sulsel. Panitia EH sendiri sudah melakukan audens dan Syahrul setuju.

“Pak Gubernur akan memimpin pemadaman lampu. Dan Pasca Earth Hour, kita berharap upaya hemat energi listrik berlanjut. Untuk itu sejak Januari kami sudah melakukan street campaign dan online campaign. Kita sudah sosialisasi memperkenalkan EH dan launching tagline sejak 14 Februari. Kampanye online juga gencar kita lakukan lewat twiter dan FB. Kita bahkan melakukan kampanye online terbesar kedua di Indonesia,”

Berita Terkait:

  • Penjualan Ayam Meningkat TajamPenjualan Ayam Meningkat Tajam Dua hari menjelang puasa, kebutuhan rumah tangga terhadap ayam meningkat tajam. Ayam potong menjadi incaran ibu-ibu rumah tangga memasuki puasa pertama yang diperkirakan jatuh Senin lusa. Pasar-pas...
  • Gubernur Dan Wakil Gubernur Sulsel Hadiri Paripurna DPRD SulselGubernur Dan Wakil Gubernur Sulsel Hadiri Paripurna DPRD Sulsel Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu'mang (Sayang) dijadwalkan akan menghadiri Rapat Paripurna DPRD Sulsel di gedung DPRD, Makassar, Jumat (15/07/2011). Pasangan ...
  • SYL Bangga Dengan Banyak Doktor Di SulselSYL Bangga Dengan Banyak Doktor Di Sulsel Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyampaikan bahwa dirinya sangat senang dengan banyaknya bermunculan doktor di Sulsel. Hal tersebut disampaikan Syahrul sesaat sebelum bertolak ke Kabupa...

Share This Post

Leave a Reply

IBN Network 2013