Sejarah dan spirit ke-Unhas-an - MediaMakassar.com | Situs Berita Makassar dan Sulsel Terkini

Post Top Ad


Lambang UNHAS bukan gambar biasa. Lambang UNHAS adalah simbol cita-cita luhur perguruan itu. Mencerdaskan Bangsa dan Memuliakan Manusia. Idealisme ini mampu diekspresikan oleh penciptanya Mustafa Djalle lewat getaran jiwa dan kemahirannya menggambar dengan pena dan tinta.

Ada perbedaan mendasar, menggambar secara digital jika dibandingkan menggunakan pena atau kuas. Menggambar menggunakan pena dan kuas, ada getaran jiwa dan emosi di dalamnya. Ketika Mustafa menarik garis penanya menggambar ayam, ada rasa patriotisme dan kejantanan yang tersirat - ada rasa keteguhan yang tak tergoyahkan dan manfaat yang luas pada simbol pohon tala - ada rasa kebanggaan, kejayaan, pada profil benteng serta kelembutan dan keindahan pada penggarisan daun yang melambai.

Tidak hanya Lambang, untuk Unhas, Mustafa Djalle Dg. Lallo juga pernah melukis potret diri Prof. Rykerk, tokoh Fakultas Hukum dan diberikan kepada beliau sebagai kenang-kenangan ketika akan kembali ke Belanda. Beliau sangat terharu dan meneteskan air mata. Ketika kuliah di Fakultas Hukum, Mustafa Djalle mengerjakan mural (gambar dinding) yang bertemakan filosofi hukum di Fakultas Hukum Baraya. Pada Dies Natalis Unhas yg ke ..., (lupa) Mustafa Djalle diberi tanggung jawab sebagai dekorator yang menata ruangan acara yang dihadiri menteri Hairul Saleh dan rombongan.

Pada pertengahan 1960an, Mustafa Djalle mendapat amanah dari pemerintah provinsi Sulawesi Selatan mendirikan perusahaan yang menyediakan jasa dan karya yang erat hubungannya dengan seni rupa. Perusahaan itu dinamai "Aksara Lontara". Mustafa merekrut murid-muridnya antara lain; Will Ferial, Razak Djalle, Syahbuddin Mamala, Amir Amin Nas, dll. sebagai karyawan dan dilatih menjadi juru gambar "tekenaar" yaitu teknik menggambar dengan pena dan tinta cina (oost indiche ink) hasil gambar inilah yang difoto dan diproses rumit dengan bahan kimia mejadi plaquet, fandel, pin, dan sebagainya. Mungkin inilah sebabnya pada masa itu lambang-lambang daerah di seluruh Sulawesi Selatan, instansi militer dan sipil, sangat teliti dan terjaga autentiknya.
 
Penulis: Andika Ferial
Narasumber: Will Ferial

Berikut Lampirkan Logo Unhas yang Original berdasarkan File Asli dari Creator yang sudah di digitalisasi oleh Murid Creator Logo Unhas:
Versi Hitam-Putih:
https://www.dropbox.com/s/o…/Lambang%20UNHAS%20ori%20BW.jpg…
Versi Warna:
https://www.dropbox.com/…/Lambang%20UNHAS%20ori%20Color.jpg…

Post Bottom Ad

Pages