Parepare Menuju Kota Kering - MediaMakassar.com | Situs Berita Makassar dan Sulsel Terkini

Post Top Ad

Parepare Menuju Kota Kering

Parepare Menuju Kota Kering

Share This
Salah satu sudut Kota Parepare
PAREPARE, CELEBES.CO. Berada di pesisir pantai dan disekat dataran tinggi, Kota Parepare, Sulawesi Selatan diinformasikan bakal mengalami problem air. Lima tahun ke depan, kota tempat kelahiran Presiden BJ Hbibie ini akan menjadi kota kering karena kehabisan sumber air bersih.

Pernyataan ini dilontarkan beberapa waktu lalu oleh Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Parepare, Andi Fachruddin. Krisis air bersih di kota yang berbatasan dengan Kabupaten Pinrang, Sidrap, dan Barru ini menjadi problem serius. Apalagi daerah yang relatif kecil ini jika tidak dibarengi dengan upaya pelestarian sumber air, akan menjadi problem besar di kemudian hari.

Bahan seperti diberitakan Tempo.co, Fachruddin menyatakan tidak ada sumber air yang bisa diandalkan di kota pelabuhan ini.  Dengan demikian, masyarakat Kota Parepare akan mencari pemukiman baru, jika suatu saat nanti, kebutuhan air bersih tidak terpenuhi secara layak.

Salah satu sumber air PDAM Parepare saaat ini Salo Karajae. Namun  sumber air besih itu terus menyusut hingga 50 persen di musim kemarau seperti saat ini.

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Parepare, Syamsuddin Thaha, mengatakan untuk mengatasi kriris air bersih, Pemerintah Kota Parepare menanggarkan Rp 6 miliar lebih untuk pembuatan sumur dalam di antaranya di Kelurahan Jawi Jawi dan di Kilometer 2.*

Post Bottom Ad

Pages