Bahas Advokasi di Warung Kopi - MediaMakassar.com | Situs Berita Makassar dan Sulsel Terkini

Post Top Ad

Bahas Advokasi di Warung Kopi

Bahas Advokasi di Warung Kopi

Share This
GUSMAWATI
Jurnalis Warga Luwu Utara
Di mana-mana warung kopi (warkop) selalu identik  dengan kegiatan diskusi. Banyak konsep dan pekerjaan selesai di warkop. Dinamika seperti ini juga ada pada jurnalis warga di Luwu Utara, Sulawesi Selatan.

Misalnya, diskusi diskusi bertema  Kolaborasi JW dan Forum Multistakeholder (FMS) di Mendorong Perbaikan Pelayanan Berbasis Standar dan Responsif Gender di Kabupaten Luwu Utara dilaksanakan di Warkop Teras Adira (14/07/2014).

Diskusi  ini juga dihadiri Jurnalis Warga Luwu Utara dan FMS, Media Spesialist Kinerja USAID Firmansyah MS, Direktur JURnaL Celebes, Mustam Arif,   dan Kabag Humas Pemkab Lutra, Ari Setiawan. Jurnalis warga yang hadiri ini terdiri dari tiga angkatan mulai 2012, 2013, 2014.

Memang Warkop bukan lagi sebatas hanya  minum-minum kopi atau tempat bersantai. Namun sekarang  ini malah warung kopi identik dengan warung aspirasi atau warung demokrasi karena dijadikan tempat yang efektif menyerap aspirasi dari warga, dan tidak sedikit menggelar dialoh atau diskusi di warkop.

Seorang Jurnalis Warga di Luwu Utara, Supriadi Halim  membenarkan hal itu. Menutunya, awalnya rancangan Perbub  DGP dibahas di Warung Kopi dengan melibatkan semua pemangku kepentingan. ‘’Bukan lagi masanya kebijakan dibuat eksklusif oleh pemerintah dan dewan, akan tetapi masyarakat melalui berbagai media, sarana dan ruang dapat dipakai untuk membangun partisipasi warga,’’ katanya.

Berbicara mengenai kolaborai MSF dan JW dalam melakukan advokasi perbaikan pelayanan kesehatan dan pendidikan  di Luwu Utara,  sebenarnya sudah ada praktek baik yang dilakukan semua pihak.  Misalnya,  adanya agenda rutin membahas  isu pelayanan publik  melalui Warung Demokrasi FAKTA.

Menganggapi hal Firmansyah MS, Media Specialist KINERJA USAID mengharapkan supaya upaya kolaborasi antara MSF dan JW bisa dilakukan juga di bidang kesehatan. MSF dan JW perlu memantau janji layanan yang sudah disetujui pemberi layanan, dan yang terpenting lagi bagaimana 14 indikator SPM Kesehatan dapat dicapai

Post Bottom Ad

Pages