Presiden Berkunjung ke Palopo, Luwu, dan Wajo - MediaMakassar.com | Situs Berita Makassar dan Sulsel Terkini

Post Top Ad

Presiden Berkunjung ke Palopo, Luwu, dan Wajo

Presiden Berkunjung ke Palopo, Luwu, dan Wajo

Share This
Presiden Berkunjung ke Palopo, Luwu, dan Wajo
Presiden SBY dan Ibu Ani mendapat gelar adat kehormatan Toraja. Prosesi penganugerahan gelar tersebut berlangsung di plaza Kolam Makale, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Kamis (20/2). Foto : Abror/presidenri.go.id
TORAJA, MK- Pagi ini Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ibu Negara Ani Yudhoyono melakukan safari kunjungan kerjanya ke Kota Palopo yang berjarak sekitar 66 kilometer dari Kabupaten Tana Toraja Utara.
Dari Palopo nanti, Presiden masih akan ke Kabupaten Luwu dan Kabupaten Wajo. Hari ini merupakan ketiga Presiden SBY dan Ibu Negara Hj Ani  Yudhoyono berada di Provinsi Sulawesi Selatan.  Sebelumnya SBY dan rombongan menginap di Tana Toraja.
SBY Menerima Gelar Adat Luwu.
Menurut informasi yang diperoleh dari laman resmi presiden RI, di Palopo nanti, SBY akan melaksanakan shalat Jumat di Masjid Agung Luwu-Palopo. Kemudian menuju Istana Datu Luwu untuk menerima gelar adat Anakaji, dan Ibu Ani mendapatkan gelar Wara-wara’e.
Palopo sebelumnya merupakan bagian dari Kabupaten Luwu. Menjadi kota administratif pada tahun 2002, sebelum kemudian berstatus sebagai kota pada 2005. Kota Palopo dulunya bernama Ware yang dikenal dalam Epik La Galigo.
Setelah melaksanakan prosesi upacara penganugerahan gelar, SBY dan Ibu Ani akan melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Wajo, dengan terlebih dahulu singgah di Kabupaten Luwu. Di Wajo, berjarak 120 kilometer dari Luwu, SBY dan Ibu Ani akan bermalam.
Kunjungan ke beberapa kota di Sulsel ini menjadi bagian dari rangkaian kunjungan kerja Presiden SBY sejak dari Jawa Timur. Total sudah enam hari Presiden meninggalkan Jakarta. Rangkaian kunjungan kerja ini diawali pada Senin (16/2) kemarin dengan tujuan ke tiga kota di Jatim –Kediri, Blitar, dan Malang– untuk memastikan proses penanganan tanggap darurat dampak letusan Gunung Kelud.
Safari Sulsel sendiri diawali dari Kabupaten Pangkep, Parepare, Enrekang, Tana Toraja, dan sekarang di Tana Toraja Utara. (Wan).

Post Bottom Ad

Pages