Pelabuhan Makassar akan Pindah ke Takalar - MediaMakassar.com | Situs Berita Makassar dan Sulsel Terkini

Post Top Ad

Pelabuhan Makassar akan Pindah ke Takalar

Pelabuhan Makassar akan Pindah ke Takalar

Share This
Pelabuhan Makassar
MAKASSAR, MK- Terminal penumpang Pelabuhan Makassar akan dipindahkan Pantai Boddia, Kabupaten Takalar. Pembagunan pelabuhan khusus untuk penumpang yang akan menelan dana hingga Rp 1 triliun ini rencananya dimulai 2015 dalam bentuk proyek multiyears.

Penjelsan ini disampaikan Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan Otoritas Pelabuhan Makassar, M. Zar'an, seperti diberitakan Fajar online, Kamis (2/1/2014) ini sudah memiliki lahan sekitar 10 ha yang disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Takalar.

Dari anggaran yang direncanakan, Rp 400 miliar digunakan untuk membangun. Selebihnya untuk reklamasi pantai, pembangunan crane, pengerukan, dan perbaikan jalan serta fasilitas pendukung lainnya. Sedangkan untuk studi kelayakan yang dimulai tahun ini dianggarkan Rp 750 juta.

Saat ini Pelabuhan Makassar sudah dianggap tidak bisa dikembangkan lagi, sehingga harus dipisahkan terminal khusus penumpang. Dengan demikian, pelabuhan yang ada sekarang nantinya hanya untuk pelabuhan barang dan peti kemas.

Menurut Za'an, Pelabuhan Boddia nantinya diharapkan bisa menjadi tempat berlabuh kapal pesiar agar potensi destinasi wisata bisa dimanfaatkan. (ema)

Post Bottom Ad

Pages