Riri Riza Gelar Makassar South East Asian Screen Academy - MediaMakassar.com | Situs Berita Makassar dan Sulsel Terkini

Post Top Ad

Riri Riza Gelar Makassar South East Asian Screen Academy

Riri Riza Gelar Makassar South East Asian Screen Academy

Share This


MAKASSAR, MK- Sutradara film, Riri Riza kembali menggelar  Makassar South East Asian Screen Academy (Makassar SEAScreen Academy). 

Dimulai hari ini sampai lima hari ke depan, 18 sineas muda dari berbagai kota di Indonesia Timur, akan mengikuti lokakarya intensif perfilman Asia Tenggara yang diadakan untuk Indonesia Timur, dengan dibimbing oleh enam pengajar dengan reputasi internasional. Keenamnya adalah Liao Jie Kai (Singapura), Pimpaka Towira (Thailand), Ho Yuhang (Malaysia), Teddy Soeriaatmadja, Upi, dan Kamila Andini.
 
Makassar SEAScreen Academy merupakan kegiatan yang digagas oleh Rumata’ Artspace sebagai bagian dari usaha untuk memajukan kegiatan seni dan budaya di Indonesia bagian Timur, diawali dari Makassar. Kegiatan ini didukung oleh Pemerintah Kota Makassar, Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif, Ford Foundation, BaKTI, dan Yayasan Kalla.
 
Rangkaian kegiatan SEAScreen Academy 2013 dibuka secara resmi oleh Walikota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin, dalam acara yang dipersembahkan oleh Yayasan Kalla, bertempat di Djuku Restaurant, Wisma Kalla.
 
“Ini merupakan sebuah kesempatan yang unik dan langka, yang diharapkan akan memberikan sebuah sumbangan bagi kemajuan film Indonesia,” demikian penjelasan Riri Riza, Direktur Program SEAScreen Academy selaku penggagas kegiatan ini seperti dilansir dari makassarscreen.com yang juga dikutip  21cineplex.com. 
 
“Harapan kami, acara ini dapat mengembangkan dunia perfilman Indonesia dengan menampilkan Indonesia yang multikultural, tidak melulu hanya budaya ibukota,” lanjut Riri.
 
Kegiatan Makassar SEAScreen Academy dan Forum diharapkan dapat memberi kesempatan belajar bagi para pembuat maupun penggemar film di Makassar dan sekitarnya, sekaligus juga dapat menjadi sebuah platform kerjasama antar negara-negara Asia Tenggara untuk kemajuan dunia perfilman.
 
Sebagai bagian dari rangkaian SEAScreen Academy 2013, diadakan juga kegiatan Makassar SEAScreen Forum pada 6 Oktober 2013, bertempat di de Luna Resto & Cafe, Makassar. Selama satu hari penuh, para pengamat, penggiat, dan pecinta dunia film akan mengikuti diskusi, presentasi dan perbincangan seputar film dan berbagai aspeknya dalam forum yang terbuka untuk umum ini. Selain para pengajar SEAScreen Academy, Mira Lesmana, Lukman Sardi, Nicholas Saputra, Adinia Wirasti, Musfar Yasin, M Aan Mansyur, dan bahkan Riri Riza sendiri akan terlibat baik sebagai pembicara maupun pengarah sesi diskusi.
 
Tidak hanya itu, SEAScreen Academy 2013 juga mempersembahkan diskusi dan pemutaran film-film karya para pengajar setiap malam selama kegiatan berlangsung. Diskusi dan pemutaran film ini akan diadakan di Capitol Theater, Gedung Kesenian Makassar. Acara ini gratis dan terbuka untuk umum, selama tempat tersedia.
 
Untuk tambahan acara lain, Cinema 21 juga mendukung Makassar South East Asian Screen Academy dengan menjadi venue untuk pemutaran film The Mirror Never Lies di Studio XXI Makassar serta dilanjutkan dengan diskusi film yang mengambil tema "Melihat Budaya melalui Film". Pemutaran film karya sutradara muda Kamila Andini ini merupakan sebuah side event dari kegiatan utama Makassar SEAscreen Academy 2013. (MS).

Post Bottom Ad

Pages