Gubernur Sulsel Terpilih Dilantik Hari Ini - MediaMakassar.com | Situs Berita Makassar dan Sulsel Terkini

Post Top Ad

Gubernur Sulsel Terpilih Dilantik Hari Ini

Gubernur Sulsel Terpilih Dilantik Hari Ini

Share This
Pasangan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo dan Wakilnya Agus Arifin Numang yang baru dilantik.
MAKASSAR -MK, Syahrul Yasin Limpo dan Agus Arifin Nu’mang (SAYANG) secara resmi dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) masa bakti 2013-2018 dalam rapat paripurna istimewa DPRD Provinsi Sulsel di halaman Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur Sulsel, Jalan Jenderal Sudirman, Makassar, Senin (8/4/2013).

Prosesi penobatan yang dimulai tepat pukul 10.40 WITA itu berlangsung hikmat, kendati guyuran hujan membasahi Kota Makassar sejak pagi. Ketua DPRD Sulsel HM Roem membuka acara yang berjalan lancar selama 55 menit.

“Pasangan nomor urut 2 Syahrul Yasin Limpo dan Agus Arifin Nu’mang memeroleh 52,42 persen suara dan resmi ditetapkan sebagai pemenang Pemilihan Kepala Daerah Sulsel 2013 sesuai dengan SK KPU Sulsel dan berita acara rekapitulasi suara,” ucap Roem dalam sambutan.

Pelantikan pasangan Syahrul-Agus sendiri dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi. Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel dilantik berdasarkan Keputusan Presiden No 22/P tahun 2012 bertanggal 21 Maret 2013.

Pelantikan tersebut dirangkai dengan pengambilan sumpah jabatan secara Islam yang dipimpin oleh Mendagri dan diakhiri dengan penandatanganan pakta integritas. Uniknya, lantai tempat Syahrul-Agus dan Gamawan berdiri terbuat dari kaca tembus pandang.

Para undangan berjumlah ratusan orang memadati halaman yang dinaungi tenda besi model arku. Sebanyak lima menteri Kabinet Indonesa Bersatu Jilid 2 turut hadir sebagai tamu VVIP (Very-Very Important Person) mereka adalah Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono, Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi, Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo, Menteri Perdagangan Gita Wiryawan, Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif C Sutardjo.

Di samping itu tampak beberapa tokoh politik seperti ketua umum Partai Golkar Aburizal Bakrie, ketua Partai Nasdem Surya Paloh, Puan Maharani, dan Jafar Hafsah. Beberapa gubernur se-Indonesia, para wali kota dan bupati se-Sulsel tak ketinggalan. Serta tokoh-tokoh Sulsel antara tiga mantan gubernur, yakni Amin Syam, Andi Oddang, dan HZB Palaguna, juga Prof Dr. Ryaas Rasyid, Aksa Mahmud, Tanri Abeng, dan Oesman Sapta Oddang. (Okezone)

Post Bottom Ad

Pages