PPLP Makassar Lahirkan Atlet Muda Berkualitas - MediaMakassar.com | Situs Berita Makassar dan Sulsel Terkini

Post Top Ad

PPLP Makassar Lahirkan Atlet Muda Berkualitas

PPLP Makassar Lahirkan Atlet Muda Berkualitas

Share This
Ilustrasi--Antara/Nila Fu'adi/vg

MAKASSAR, MK-Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Makassar, Sulawesi Selatan, yang membidangi pembinaan atlet usia dini berhasil melahirkan atlet berkelas nasional dan internasional di bidangnya.

Dikatakan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Pemprov Sulsel Ilham A. Gazaling, terbukti para atlet binaan PPLP kerap menjuarai ajang olahraga ternama misalnya seperti kejuaraan nasional Inkado di Jakarta, ajang ASEAN School di Malaysia, serta ajang perebutan Piala KSAD.

Pada kejuaraan nasional Inkado, atlet muda PPLP Makassar berhasil meraih 6 emas, 1 perak, dan 2 perunggu. Sedangkan pada ajang ASEAN School 2012 di Thailand, atlet utusan PPLP Makassar meraih 1 emas, 2 perunggu dari empat atlet yang diikutkan.

Prestasi lainnya yaitu atlet muda PPLP Makassar menyabet 1 perunggu pada Piala KASAD serta meraih medali perak pada pekan olahraga nasional (PON) 2012 di Riau.

"(Kemampuan) Atlet kita ini tidak diragukan lagi, di bidang karate mereka ada yang berprestasi di tingkat nasional dan internasional," ungkap Ilham di Hall PPLP, saat memberikan pemaparan di depan Kemenpora Roy Suryo Notodiprojo, Sabtu (9/3).

PPLP Makassar yang terletak di Sudiang ini merupakan lembaga pembinaan atlet usia dini yang berada di bawah naungan Dinas Pemuda dan Olahraga pemerintah setempat. Saat ini, ada 91 atlet muda yang sedang dibina dan dikembangkan kemampuannya.

Mereka mengikuti berbagai cabang olahraga (cabor) yang dibuka di PPLP Makassar. Seperti sepak bola, sepak takraw, atletik, tinju, taekwondo, voli pasir, karate, dayung, dan pencak silat. Berbagai cabor tersebut dibina atau dipegang oleh pelatih yang sarat pengalaman seperti di ajang SEA Games dan lainnya.

Sedangkan Menpora Roy Suryo dalam kesempatan itu mengatakan kedatangannya langsung ke PPLP Makassar merupakan bukti bahwa pemerintah pusat peduli akan perkembangan dunia olah raga di daerah untuk kemajuan dunia olah raga nasional.

"Saya datang ke sini adalah bukti perhatian pemerintah terhadap dunia olah raga di Indonesia yang ada di daerah," ujar Roy.

Di tengah keterbatasan dana dan kesempatan, Roy berharap para atlet muda yang sedang membina ilmu dan prestasi di PPLP tidak berhenti mengembangkan diri.

"Saya sangat senang bahwa prestasi calon-calon atlet di sini sangat membanggakan. Tidak hanya bagi Sulsel tetapi juga bagi Indonesia, karena adik-adik tidak hanya membawa nama daerah adik-adik," ungkap Roy disambut tepuk tangan para atlet.

Selain meninjau PPLP, lawatan Roy Suryo ke Makassar juga untuk menghadiri Musda KONI Sulsel, memberikan kuliah umum di UIN Makassar, penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) antara Kemenpora dan Universitas Hasanuddin. (Haufan Hasyim Salengke/Agt)

Post Bottom Ad

Pages