Berlibur ala Backpacker bersama Si Kecil - MediaMakassar.com | Situs Berita Makassar dan Sulsel Terkini

Post Top Ad

Berlibur ala Backpacker bersama Si Kecil

Berlibur ala Backpacker bersama Si Kecil

Share This

Ingin berolahraga bersama anak, tetapi sambil berwisata? Mengapa tidak mengajak si kecil menikmati liburan ala backpacker? Liburan ini bisa memberikan pembelajaran, misalnya kesederhanaan, melatih kemandirian, dan sekaligus berolahraga. Karena anak-anak masih bergantung pada Anda, segala sesuatunya harus dipersiapkan dengan baik sebelum memulai liburan seru ini.

* Matangkan rencana
Bertualang dengan anak tentu saja berbeda dengan mengajak orang dewasa. Cobalah untuk mengajak si kecil berbincang mengenai rencana perjalanan. Ajarkan untuk melihat dan membaca peta. Berikan juga gambaran mengenai tempat yang akan dituju. Bisa saja Anda memilih tujuan ke taman, kebun binatang, museum, waterpark, dan lainnya. Pantai dan gunung juga bisa jadi pilihan sekaligus mendekatkan anak dengan alam.

* Bawa barang favorit anak
Perjalanan ala backpacker pastinya menggunakan transportasi umum dan memakan waktu lama. Anak bisa mengalami kebosanan. Karena itu, bawa selalu mainan atau buku kesukaannya untuk mengusir rasa bosan.

* Sedia obat
Anak-anak mungkin rentan dengan penyakit saat berjalan jauh. Untuk berjaga-jaga, bawalah obat-obatan yang biasa dikonsumsinya. Sediakan juga obat lainnya, misalnya obat pusing, minyak angin, obat mual, karena tidak setiap waktu Anda bisa menemukan apotek atau rumah sakit. Kalaupun ada apotek, belum tentu obat yang biasa anak minum tersedia.

* Kualitas bukan kuantitas
Jangan terlalu banyak berpindah tempat karena kondisi ketahanan anak berbeda dengan orang dewasa. Sebaiknya, pilih 2-3 tempat saja dalam satu hari. Lebih pentingkan kualitas bukan kuantitas karena stamina anak sangat terbatas, termasuk dalam pemilihan hotel atau penginapan. Pilihlah hotel yang tidak dekat dengan karaoke, bar, atau hiburan dewasa lainnya.

* Batasi jam wisata
Anak-anak tentu memiliki ritme tubuh yang berbeda dengan orang dewasa. Beberapa anak mungkin membutuhkan istirahat siang. Karena itu, jangan paksakan anak untuk bertualang seharian penuh dan tidur hingga larut malam. Apabila terbiasa tidur siang, ajak anak ke taman agar ia bisa beristirahat. (VTO/Kiosberita)

Post Bottom Ad

Pages