Jelajah Sepeda Awali Lovely Toraja - MediaMakassar.com | Situs Berita Makassar dan Sulsel Terkini

Post Top Ad

Jelajah Sepeda Awali Lovely Toraja

Jelajah Sepeda Awali Lovely Toraja

Share This

MAKALE, MK– Kegiatan Jelajah Sepeda Wisata (JSW) Toraja akan mengawali pelaksanaan Lovely Desember 2012 di Tana Toraja.

Hal tersebut disampaikan Ketua Panitia Jelajah Sepeda Wisata Toraja yang juga Ketua DPRD Tana Toraja, Welem Sombolangi kepada wartawan baru-baru ini.

Jelajah sepeda wisata dilaksanakan selama dua hari. Dimulai 1 hingga 2 Desember. Peserta akan melakukan roadshow ke tempat wisata yang berada di Toraja. "Diharapkan peserta berasal dari 24 kabupaten di Sulawesi Selatan (Sulsel), begitupula beberapa provinsi di Indonesia,”kata Welem.

Welem juga mengajak seluruh elemen masyarakat Toraja agar dapat berperan aktif sepeda wisata Toraja, yang merupakan bagian dari acara Lovely December

Welem mengatakan Panitia Jelajah Sepeda Wisata Toraja baru baru ini juga telah melakukan audiens bersama Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Agus Arifin Nu’mang di Kantor Gubernur Sulsel. Pertemuan tersebut dihadiri Kadis Parawisata Provinsi, Yulianus Batara Saleh, Kadis BKD Tautoto Tana Ranggina dan Agustinus Appang.

Sementara itu, salah seorang panitia, Ivan Kala’lembang mengatakan, dalam pertamuan tersebut panita telah memaparkan sejumlah persiapan even yang akan digelar 1-2 Desember tersebut. Wagub Arifin Nu’mang pada kesempatan itu memberikan pesan dan masukan kapada panitia agar terus mengupgrade kegiatan ini.

Soal rute, penghijauan yang melibatkan peserta. “Yang lebih menggebirakan, Wagub akan turut hadir bersepeda dengan Komunitas Smansa Cycling Community (SCC). Selain itu, bentuk apresiasi pemprov yakni membantu 1 unit motor dan 10 sepeda Polygon sebagai hadiah doorprize,” jelas Ivan.

Wagub juga menitip pesan kepada panitia untuk memaksimalkan penyediaan fasilitas penginapan bagi seluruh peserta berupa mapping, dan fasilitas lainnya. Sebab, menurut Wagub, JSW akan bernilai plus. Objek event adalah destinasi kunjungan wisata unggulan nasional dan Sulsel.

Beberapa peserta yang telah menyatakan kesiapannya dalam event yang baru pertama kali digelar di Tana Toraja. Antara lain JCC (Jepara, Jawa Tengah), Solo, Bikebery (Samarinda, Kaltim), MCC. Bahkan Wagub Sulbar juga akan ikut, Kosema (Makassar), PCC (Pangkep), Barru, Parepare, ECC (Enrekang).

Lovely December telah menjadi program rutin tahunan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel bekerjasama dengan dua kabupaten di Toraja. Tujuannya untuk meningkatkan dan memajukan wisata di Sulawesi Selatan (Sulsel) khususnya di Kabupaten Tana Toraja (Tator) dan Toraja Utara (Torut).

Sejumlah komunitas Maya Toraja juga ikut menggelar acara Kopdar untuk ikut meramaikan Lovely December. Diantaranya, Komunitas Solata Social Network (SSN) yang akan menggelar malam apresiasi budayadi Kota Makale, pada 29 Desember. Sebelumnya, komunitas Kuliner Toraja melakukan kegiatan Cooking Class di Rantepao, Toraja Utara. (Upeks).

Post Bottom Ad

Pages