Mencari Pekerjaan Lewat Media Sosial - MediaMakassar.com | Situs Berita Makassar dan Sulsel Terkini

Post Top Ad

Mencari Pekerjaan Lewat Media Sosial

Mencari Pekerjaan Lewat Media Sosial

Share This

Manfaatkan media sosial untuk mengembangkan karier.

Jika selama ini Anda menggunakan media sosial untuk curhat atau mengungkapkan kegalauan hati, segera tinggalkan. Sudah saatnya Anda bisa menggunakan manfaat media sosial untuk mencari pekerjaan yang lebih baik.

 Media sosial seperti Twitter, Facebook, LinkedIn saat ini bisa membantu Anda mendapatkan perkerjaan idaman.

1. Memperluas jaringan dengan LinkedIn
Perhentian pertama untuk mencari pekerjaan lewat sosial media adalah melalui LinkedIn. Kalau belum pernah mendaftar atau membuka situs ini, coba Anda pelajari sedikit info tentang LinkedIn. Lewat sosial media yang satu ini pada dasarnya membantu Anda menemukan hal-hal apa yang Anda cari yang sesuai dengan pekerjaan idaman, jaringan, dan juga daftar pekerjaan. Anda hanya tinggal daftar di situs ini, isi dengan resume singkat, pengalaman kerja, keterampilan dan perusahaan tempat Anda pernah bekerja.

Pastikan buat profil diri Anda semenarik mungkin, ringkas, dan mudah dibaca. Sekarang Anda sudah sampai ke jaringan yang dapat menghubungkan Anda ke banyak orang. LinkedIn akan menyediakan daftar yang selalu diperbarui dengan rutin. Anda juga akan dihubungkan dengan orang-orang yang mungkin saja Anda kenal, bisa bos masa depan Anda, teman masa SMA, perusahaan yang Anda impikan. Lingkaran jaringan Anda akan terus berkembang dan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan juga semakin luas.

2. Ekspresikan diri lewat Twitter
Anda sudah punya akun twitter? Sebuah situs yang mampu mengungkapkan perasaan atau aktivitas lewat 140 karakter. Twitter juga berfungsi sebagai alat yang profesional juga untuk mendapatkan pekerjaan. Caranya: ubah dulu settingan twitter Anda, jika biasanya dikunci untuk mendapatkan privasi sekarang ubahlah agar semua orang bisa melihat.

Tulislah satu keterangan dan deskripsikan diri Anda semenarik mungkin di dalam kolom bio dan pakai avatar yang menggambarkan dirimu bahwa kamu siap memasuki dunia pekerjaan. Tweet keahlian Anda. Tweetlah link yang menunjukkan pekerjaan idaman Anda. Follow orang-orang yang ahli di bidang oekerjhaan yang kamu idamkan dan mintalah nasihat kepada mereka bagaimana kamua bsia mendapatkan pekerjaan yang kamu diamkan tersebut.

3. Cari pekerjaan dari Facebook
Tentu, teman-teman di Facebookmu terdiri dari teman terman-teman terbaikmu, keluarga, teman di masa sekolah, teman kuliah, dan mereka berpotensi untuk membantumu mendapatkan pekerjaan. Carilah lokasi teman Facebookmu dan lihatlah diman amereka tinggal.

Cari dan coba jangkau teman-temanmu yang mungkin bisa membantumu untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidangmu. Anda bisa mengirim pesan atau email ke temanmu yang bisa membantumu untuk memperoleh pekerjaan damanmu. Siapa tahu ada peluang agar kamu bisa mendapat pekerjaan lewat Facebook.

Jadi, mau mulai dari mana? Anda sudah punya ketiga akun di tiga situs tersebut? Selamat mencoba.

Penulis: Sheknows/ Dewi Ria Utari/Beritasatu.com

Post Bottom Ad

Pages