Samalona Memiliki Potensi Benda Bersejarah - MediaMakassar.com | Situs Berita Makassar dan Sulsel Terkini

Post Top Ad

Samalona Memiliki Potensi Benda Bersejarah

Samalona Memiliki Potensi Benda Bersejarah

Share This
Panorama Pulau Samalona-Makassar. Foto : Marwan Azis/MakassarKini.com

MAKASSAR,MK- Pulau Samalona, Makassar, menyimpan potensi benda bersejarah berupa peluru meriam yang digunakan pada zaman pendudukan kolonial di Indonesia.

"Sebagian peluru meriam kuno yang tersimpan di museum I La Galigo, Benteng Rotterdam, dulu ditemukan di Samalona," kata pemerhati sejarah dan pemandu wisata, Rusli, di Makassar kemarin.

Dia mengatakan, menurut prediksi masih ada puluhan bahkan ratusan peluru meriam kuno yang belum ditemukan di pulau yang masa tempuhnya sekitar 45 menit dengan perahu dari Kota Makassar.

Menurut dia, pulau itu dijadikan basis persenjataan ketika kolonial Belanda melawan benteng pertahanan Sultan Hasanuddin dari Kerajaan Gowa yang menghadap ke laut atau dikenal sebagai Benteng Pannyua (Rotterdam).

"Area benteng yang mencapai sekitar tiga hektar menjadi pusat pertahanan di wilayah Makassar, sedang di sekitar Pulau Samalona menjadi tempat penyerangan kolonial ke wilayah Makassar," katanya.

Sementara itu, sebagian di antara sedikitnya 200 lebih koleksi museum di Benteng Rotterdam merupakan benda-benda atau alat peperangan, seperti tombak, meriam, peluru meriam, dan pistol. Terdapat juga alat-alat dapur, pakaian adat tradisional, alat transportasi sederhana, hingga dokumen kesusastraan dan pemerintahan pada masa prakemerdekaan.


Bangunan Benteng Pannyua sekitar abad ke-14 oleh Raja Gowa ke-10 Karaeng Bonto Lakiung awalnya berasal dari tanah liat. Namun setelah Kerajaan Gowa dipimpin Daeng Manrabia atau Sultan Hasanuddin, benteng pertahanan itu kemudian dibangun menggunakan batu dan hingga saat ini masih dapat dilihat sebagai bukti sejarah. (Ant).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages