Arab, Amerika dan Eropa Mulai Puasa Hari ini - MediaMakassar.com | Situs Berita Makassar dan Sulsel Terkini

Post Top Ad

Arab, Amerika dan Eropa Mulai Puasa Hari ini

Arab, Amerika dan Eropa Mulai Puasa Hari ini

Share This

MAKKAH, MK- Umat Muslim di berbagai belahan dunia seperti Arab, Eropa dan Amerika telah memulai puasa Ramadhan hari ini (20/7).

Sejumlah negara memulai puasa hari ini adalah Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Kuwait, Bahrain, Qatar, Mesir, Jordania, Tunisia, Sudan dan Lebanon.

Sebagian negara lagi memulai Ramadan, Sabtu (21/7) besok. Di antara negara Dewan Kerja Sama Teluk (GCC), hanya Oman yang mulai berpuasa besok. India, Pakistan termasuk di antara negara yang berpuasa hari ini.

Mahkamah Agung Arab Saudi mengumumkan Ramadan dimulai hari ini, setelah hilal dilaporkan terlihat pada Kamis (19/7) malam. Khadamul Haramain Raja Arab Saudi Abdullah bin Abdul Aziz dan Putra Mahkota Salman bin Abdul Aziz, Wakil Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan mengucapkan selamat kepada umat Muslim atas kedatangan Ramadan 1433 Hijriyyah.

"Kita telah menyambut bulan suci Ramadan, yang membuat hati dan jiwa kita bergembira. Ini bulan penuh empati, kasih sayang dan solidaritas. Kitab Suci Alquran diturunkan kepada Rasulullah Saw pada malam penuh berkah selama bulan suci Ramadan, yang lebih mulia daripada 1.000 bulan. Kita benar-benar benar-benar gembira menyambut kedatangan bulan penuh berkah ini," kata Raja Abdullah.

Mesir dan Turki juga menyatakan bahwa 20 Juli sebagai awal puasa Ramadan. Lembaga riset nasional astronomi dan geofisika Mesir menyatakan, menurut perhitungan astronomis, bulan puasa Ramadan 1433 H/2012 M akan dimulai hari Jumat, 20 Juli.

Lembaga riset nasional astronomi dan geofisika Mesir seperti dilansir Onislam.net. “Bulan Ramadan akan muncul pada Kamis, 19 Juli,” kata Ketua Institut Riset Nasional Astronomi dan Geofisika Mesir Hatem Ouda. Menurutnya, bulan baru akan terlihat dengan jelas di kota suci Makkah.

Muslim Eropa

Sementara umat muslim  di sejumlah Eropa, Amerika sudah bersepakat bahwa pelaksanaan 1 Ramadhan adalah Jumat besok (20/7/2012). Negara-negara ini merujuk ketetapan kerajaan Arab Saudi yang menetapkan awal Ramadan jatuh pada, Jumat (20/7/2012).

Dalam laman The Astronomical New Moon, situs rujukan para penganut aliran Islam Global, juga melansir bahwa 1 Ramadan akan jatuh pada Jumat besok.

Council on American-Islamic Relations (CAIR), kelompok advokasi Muslim Amerika terkemuka, sudah menyerukan kaum Muslim secara nasional untukmenyiapkan sahur di hari Jumat (20/7/2012) dini hari.

“Untuk meningkatkan hubungan antarumat beragama, sangat penting Muslim Amerika menjangkau tetangga mereka dari semua keyakinan untuk menawarkan informasi yang seimbang dan akurat tentang Islam dan komunitas Muslim,” kata Nihad Awad, Direktur Eksekutif Nasional CAIR dalam siaran persnya.

Federasi Organisasi Islam Eropa (FIOE) dan Dewan Fatwa Eropa (ECFR) juga mengumumkan, secara astronomis, awal Ramadan tahun ini mulai 20 Juli 2012.

Kaum Muslim di Amerika Utara, termasuk Amerika Serikat dan Kanada juga akan mengawali puasa Ramadan tahun ini pada Jumat 20 Juli menurut perhitungan astronomi.

“Hari pertama Ramadan adalah hari Jumat, 20 Juli, Insya Allah,” tegas Dewan Fiqih Amerika Utara (FCNA) dalam sebuah pernyataan yang diperoleh OnIslam.net. Mengutip pernyataan FCNA, organisasi Islamic Society of North America (ISNA).

Di Nigeria (Afrika), menurut perhitungan astronomi, bulan suci Ramadan juga akan dimulai hari Jumat, 20 Juli 2012. (Marwan Azis/Islampos/Ant)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages